ROZADY, MARGARETHA PN and KOTEN, YOSAFAT PATI (2021) SCRATCH SEBAGAI PROBLEM SOLVING COMPUTATIONAL THINKING DALAM KURIKULUM PROTOTIPE. INCREATE-INOVASI DAN KREASI DALAM TEKNOLOGI INFORMASI, 8 (1). pp. 11-17. ISSN 2338-9214
![[thumbnail of 34-Article Text-66-1-10-20220112.pdf]](https://repository.nusanipa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
34-Article Text-66-1-10-20220112.pdf
Download (1MB)
Abstract
Pandemi Covid 19 membuka peluang untuk menghadirkan inovasi dalam pembelajaran. . Kemendikbudristek menyusun Kurikulum Prototipe sebagai bagian dari kurikulum nasional untuk mendorong pemulihan pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Penjelasan karakteristik kurikulum Prototipe di setiap jenjang, antara lain memuat, (1) Integrasi Computational Thinking (CT) dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika dan IPAS pada jenjang SD, (2) Informatika adalah mata pelajaran wajib di jenjang SMP serta kelas 10. Untuk itu, guru perlu memahami Computational Thinking (CT) dan menjadi Computational Thinker. Computational Thinking adalah salah satu konten utama dalam literasi digital dimana seseorang memiliki keterampilan yang memungkinkannya memecahkan masalah secara sistematis, sebagaimana komputer bekerja. Scratch adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat cerita interaktif, game interaktif, dan animasi, serta dapat dibagikan kepada orang lainnya melalui sarana internet. Scratch programming sebagai salah satu aktivitas pembelajaran pemrograman problem solving yang didesain dengan tujuan pembelajaran dan pemahaman. Kemampuan problem solving penting untuk dimiliki sebagai modal anak-anak Indonesia untuk dapat bersaing di bursa kerja global.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Scratch, Problem Solving, Computational Thinking, Kurikulum Prototipe |
Subjects: | T02 Teknik > T021 Teknik Informatika > T0211 Rekayasa Perangkat Lunak |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Informatika |
Depositing User: | Yosafat Koten |
Date Deposited: | 29 Nov 2023 03:41 |
Last Modified: | 29 Nov 2023 03:41 |
URI: | http://repository.nusanipa.ac.id/id/eprint/1301 |